Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI, mengumumkan kesiapan untuk menyediakan uang tunai sebesar Rp21 triliun selama periode libur Lebaran 2025, mulai tanggal 21 Maret hingga 3 April 2025. Langkah ini diambil untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan uang tunai dapat terpenuhi sepanjang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah, Rabu, 12 Maret 2025.
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa meskipun peralihan perilaku masyarakat menuju transaksi digital terus berkembang, kebutuhan akan uang tunai selama Lebaran tetap cukup besar. Oleh karena itu, meskipun alokasi uang tunai untuk tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, BNI tetap menyiapkan jumlah yang cukup untuk mengantisipasi lonjakan transaksi tunai.
“Meski sudah banyak nasabah yang beralih ke digital banking, kami memahami bahwa kebutuhan uang tunai saat Lebaran tetap signifikan. Kami telah menyiapkan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut, baik di ATM, Cash Recycle Machine (CRM), maupun outlet cabang kami,” ujar Okki, dalam keterangan pers pada Rabu, 12 Maret 2025.
Sejalan dengan peralihan nasabah ke digital banking, nominal transaksi di layanan BNI Mobile Banking dan Wondr by BNI mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Januari 2025, nominal transaksi melalui kedua platform ini tercatat tumbuh sebesar 36,7% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year/Yoy). Frekuensi transaksi pun mengalami peningkatan sebesar 35,4%.
"Perubahan perilaku nasabah yang semakin digital tidak mengurangi kebutuhan akan layanan perbankan yang terintegrasi. Kami yakin bahwa dengan dukungan jaringan yang kuat dan layanan digital kami, nasabah dapat tetap memenuhi kebutuhan perbankannya, meskipun saat libur panjang sekalipun," lanjut Okki.
BNI juga mencatat bahwa pada Lebaran 2024, nominal transaksi digital tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 29% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang mulai beralih ke transaksi digital untuk memenuhi kebutuhan perbankan mereka, termasuk selama masa libur Lebaran.
Sebagai bagian dari persiapan operasional, BNI memastikan layanan di kantor cabang tetap berjalan meskipun dengan jam operasional terbatas. 31 outlet kantor cabang BNI akan tetap beroperasi dengan layanan terbatas mulai 28 Maret hingga 7 April 2025. Outlet-outlet ini akan melayani berbagai transaksi, seperti setoran, penarikan, pemindahan rekening sesama BNI hingga Rp25 juta, setoran untuk BBM Pertamina, pembukaan rekening, hingga kebutuhan transaksi lainnya, termasuk akad kredit yang khusus dilayani pada H-2 Lebaran (28 Maret 2025).
Selain kantor cabang, BNI juga menyediakan layanan Gerak BNI (O-Branch) yang berlokasi di 16 titik strategis, termasuk di jalur mudik, tempat wisata, dan lokasi-lokasi penting lainnya. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang sedang dalam perjalanan mudik untuk melakukan transaksi perbankan dengan lebih mudah dan praktis.
“Layanan Gerak BNI (O-Branch) kami ditempatkan di lokasi strategis, seperti jalur mudik dan tempat wisata, untuk memastikan nasabah yang sedang dalam perjalanan bisa tetap mengakses layanan perbankan dengan mudah,” jelas Okki.
Selain itu, kebutuhan perbankan nasabah juga dapat dipenuhi melalui lebih dari 214 ribu BNI Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia. BNI juga menyediakan akses perbankan melalui ATM, CRM, dan aplikasi digital Wondr by BNI, yang telah digunakan oleh lebih dari 6,4 juta pengguna hingga akhir Februari 2025.
Untuk memaksimalkan pelayanan selama Lebaran, BNI mengalokasikan pengisian uang tunai di ATM dan kantor cabang yang paling banyak di wilayah Pulau Jawa, terutama di kawasan Jabodetabek. Namun, menjelang H-2 Lebaran, pengisian uang tunai akan diprioritaskan untuk daerah-daerah tujuan mudik di luar Pulau Jawa.
“Alokasi uang tunai di ATM dan cabang BNI akan dimulai di kota-kota besar seperti Jabodetabek, namun setelah H-2 Lebaran, kami akan fokuskan pengisian uang tunai ke daerah-daerah tujuan mudik, untuk memastikan kebutuhan nasabah tetap terpenuhi di seluruh Indonesia,” tutup Okki.
Dengan berbagai persiapan dan inovasi yang dilakukan, BNI memastikan bahwa masyarakat tetap dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan lancar dan aman selama periode libur Lebaran 2025. Dengan meningkatnya layanan digital dan jaringan distribusi yang luas, nasabah BNI dapat lebih mudah mengakses layanan perbankan di mana saja dan kapan saja.