PT Bank Syariah Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Berkomitmen Bantu Korban Banjir Jabodetabek, Dorong Kepedulian Lewat ZISWAF

PT Bank Syariah Indonesia Berkomitmen Bantu Korban Banjir Jabodetabek, Dorong Kepedulian Lewat ZISWAF
PT Bank Syariah Indonesia Berkomitmen Bantu Korban Banjir Jabodetabek, Dorong Kepedulian Lewat ZISWAF

Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan kepedulian sosialnya dengan terjun langsung membantu korban banjir di wilayah Jabodetabek. Dalam upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana, BSI menyalurkan bantuan makanan, bahan pokok, serta perlengkapan sanitasi kebersihan kepada para korban, khususnya di daerah Bekasi, Jumat, 7 Maret 2025.

Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna, secara langsung mengunjungi lokasi terdampak banjir di Bekasi. Selain memberikan bantuan makanan, Anton dan tim BSI juga turut serta dalam upaya evakuasi karyawan yang menjadi korban banjir tersebut. Tidak tanggung-tanggung, BSI menyalurkan 500 boks makanan untuk buka puasa dan berbagai bantuan sembako serta perlengkapan kebersihan guna mendukung sanitasi warga.

“Kami bersimpati atas musibah banjir yang menimpa saudara kita dan ingin membantu meringankan beban mereka, terlebih lagi karena saat ini sedang menjalani puasa Ramadhan,” ujar Anton dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat.

Langkah nyata BSI tidak berhenti hanya pada bantuan fisik. Anton juga mengajak masyarakat dan nasabah untuk meningkatkan kepedulian sosial dan berkontribusi melalui instrumen Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF). ZISWAF dikatakan Anton sebagai suatu bentuk investasi dengan manfaat sosial dan spiritual yang luas. Dengan pengelolaan yang bijak, ZISWAF bisa menjadi solusi untuk mendukung kemanfaatan berkelanjutan.

Sampai dengan Januari 2025, volume transaksi ZISWAF melalui mobile banking BSI mencapai angka mengesankan yaitu 10,5 juta transaksi dengan total nilai mencapai Rp131 miliar. Tingginya volume transaksi ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap instrumen ZISWAF. Menariknya, selama awal Ramadhan ini, tren kenaikan nominal transaksi ZISWAF diperkirakan meningkat hingga 60 persen menjelang lebaran.

BSI memfasilitasi layanan ZISWAF melalui aplikasi BYOND by BSI, menawarkan berbagai program berbagi kebahagiaan seperti paket berbuka dan sahur, parsel Lebaran, sedekah alat ibadah, hingga pemberian THR untuk anak yatim. "Nasabah kami dapat melakukan kegiatan peduli langsung melalui aplikasi BYOND by BSI yang kami sediakan," tambah Anton.

Pada Ramadhan 1446 Hijriah ini, BSI memperkuat kolaborasi dengan sembilan mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ) yakni BSI Maslahat, DT Peduli, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Sahabat Yatim, Griya Yatim dan Dhuafa, Asar Humanity, LMI, dan Yatim Mandiri. Melalui hubungan kemitraan ini, BSI bersama-sama mengadakan acara buka puasa bersama untuk 2.500 anak yatim dhuafa dari dana ZISWAF yang dihimpun.

Tidak berhenti di situ, BSI juga menjalin kerja sama dengan 41 gerai Hokben untuk memberikan kebahagiaan bagi 2.500 yatim dhuafa dengan menyediakan paket makanan berbuka. Seluruh kegiatan berbagi ini digelar di berbagai kota seperti Bogor, Serang, Cirebon, Majalengka, Semarang, Magelang, dan daerah lainnya.

Komitmen BSI dalam menolong sesama dan mendorong kedermawanan masyarakat melalui ZISWAF diharapkan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam menyalurkan kebaikan serta meningkatkan solidaritas sosial. Sebuah langkah kecil dari banyak orang yang bisa menghasilkan dampak besar bagi mereka yang membutuhkan, terutama saat bencana dan bulan penuh berkah ini.

Dengan memaksimalkan manfaat ZISWAF, tidak hanya membantu meringankan beban korban bencana, tetapi juga memberdayakan masyarakat secara lebih luas melalui dana hibah dari nasabah yang semakin meningkat. Dukungan penuh dari BSI dan para mitranya mencerminkan semangat gotong royong yang kuat, yang terus didorong agar dapat diakses lebih mudah melalui inovasi digital seperti aplikasi BYOND by BSI.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index