JAKARTA - Penyebab piston rem mobil macet bisa beragam, namun yang jelas, komponen ini memegang peranan penting dalam sistem pengereman kendaraan.
Piston rem berbentuk silinder dan memiliki fungsi utama untuk menekan kampas rem, sehingga memungkinkan kendaraan berhenti saat pedal rem diinjak.
Selain itu, piston ini juga akan kembali ke posisi semula setelah pedal dilepaskan, memastikan proses pengereman berlangsung dengan baik.
Keberadaan piston rem yang berfungsi dengan baik sangat berhubungan langsung dengan kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.
Namun, seperti komponen lainnya, piston rem mobil tidak lepas dari masalah, salah satunya adalah macet atau cakram rem yang tidak kembali ke posisi semula.
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab piston rem mobil macet agar dapat segera melakukan perawatan yang diperlukan.
Penyebab Piston Rem Mobil Macet
Penyebab piston rem mobil macet dapat bermacam-macam, dan penting untuk memperhatikannya demi meningkatkan keselamatan berkendara.
Oleh karena itu, pemilik mobil sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menghindari risiko yang dapat membahayakan, mulai dari piston rem yang macet hingga rem yang blong.
Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab dari piston rem mobil macet yang perlu diwaspadai dan dihindari untuk memastikan keselamatan saat berkendara:
Piston rem mobil yang berkarat
Karat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan piston rem mobil macet. Keberadaan karat ini dapat mengurangi efektivitas piston dari waktu ke waktu, membuatnya semakin sulit untuk digerakkan.
Karat biasanya disebabkan oleh paparan panas matahari yang berlebihan serta masuknya air hujan ke dalam celah mobil, yang akhirnya menyebabkan korosi pada komponen terkait.
Akibatnya, kinerja rem menjadi lebih berat dan dapat mengarah pada terjebaknya udara di dalam sistem rem (vapor lock), yang semakin memperburuk kondisi karat tersebut.
Kampas rem yang tidak sesuai spesifikasi
Setiap kendaraan memiliki spesifikasi kampas rem yang berbeda-beda. Kampas rem terbagi menjadi dua jenis berdasarkan teksturnya, yaitu kasar dan lunak.
Jika kampas rem yang dipasang tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan, hal ini dapat menyebabkan piston rem tidak bekerja dengan baik atau optimal, bahkan berujung pada piston rem yang macet.
Kondisi ini juga bisa menyebabkan piston rem cakram tidak kembali ke posisi semula setelah digunakan.
Penumpukan kotoran
Piston rem mobil sangat rentan terhadap penumpukan kotoran, seperti debu atau residu lainnya. Oleh karena itu, piston harus dibersihkan secara berkala.
Jika kotoran dibiarkan menumpuk, sistem rem akan mengalami macet dan piston tidak bisa kembali ke posisi semula, yang tentu akan mengganggu kinerja sistem pengereman secara keseluruhan.
Penyetelan yang terlalu rapat
Penyetelan rem yang terlalu rapat juga bisa menjadi salah satu penyebab dari piston rem mobil macet. Rem membutuhkan ruang yang cukup agar bisa bergerak dengan bebas saat kendaraan beroperasi.
Jika penyetelan terlalu ketat, maka gerakan piston akan terhambat dan bisa menyebabkan macetnya sistem pengereman.
Piston rem mobil yang sudah melewati batas usia pemakaian
Setiap komponen kendaraan, termasuk rem, memiliki usia pemakaian yang terbatas, dan seiring berjalannya waktu, kinerja serta kualitasnya akan semakin menurun.
Piston rem mobil juga dilengkapi dengan seal berbahan karet yang, jika sudah mencapai usia pemakaian tertentu, akan mengeras dan kehilangan kelenturannya.
Akibatnya, piston rem bisa terkunci pada satu sisi dan menjadi sulit untuk digerakkan dengan lancar ke posisi semula.
Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama
Mobil yang jarang digunakan atau tidak dipanaskan dalam waktu lama bisa menurunkan efektivitas komponen-komponennya, termasuk piston rem.
Ketika mobil dibiarkan dalam waktu lama, kondisi oli rem pun akan menurun, yang mengurangi titik didihnya dan mempermudah terbentuknya karat. Hal ini tentu saja mengganggu kinerja piston rem, yang tidak dapat berfungsi secara optimal.
Cara Mengatasi Piston Rem Mobil Macet
Jika piston rem mobil sudah terlanjur macet dan rem tidak bisa kembali ke posisi semula, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen lainnya.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi piston rem mobil yang macet agar kembali berfungsi dengan baik:
Angkat mobil untuk menjangkau bagian rem
Langkah pertama adalah mengangkat mobil menggunakan dongkrak untuk mencapai bagian rem dengan mudah. Setelah itu, pasang jack stand pada bagian gardan untuk memberikan kestabilan saat melakukan perbaikan.
Pengecekan pada bagian piston
Lakukan pengecekan langsung pada rem cakram dengan melepaskan kaliper secara manual. Pasang kembali bagian tersebut tanpa menggunakan kampas rem. Jika kondisi piston normal, piston akan keluar dengan mudah.
Namun, jika piston sulit keluar, itu menandakan adanya kerusakan pada beberapa bagian, dan kamu sebaiknya membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Membersihkan rem dari kotoran
Jika piston rem hanya tersumbat kotoran, kamu dapat membongkar dan membersihkan komponen rem dengan hati-hati. Pastikan semua sudut yang kotor dibersihkan.
Namun, jika terdapat karat pada beberapa bagian, gunakan cairan penghilang karat atau segera bawa mobil ke bengkel untuk penanganan yang lebih profesional.
Mengganti oli rem
Cara lainnya untuk mengatasi piston rem mobil yang macet adalah dengan mengganti oli rem. Sama seperti mesin, rem juga memiliki jadwal penggantian oli.
Mengganti oli rem yang lama dengan oli baru dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang ada di dalam sistem rem sehingga hanya tersisa oli rem yang bersih dan siap digunakan.
Harga Piston Rem Mobil
Jika kamu berencana mencari piston rem mobil baru, ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa tipe piston rem beserta kisaran harganya:
No | Tipe Piston Rem Mobil | Harga |
1 | Piston Rem Caliper Avanza Xenia Rush Terios Calya Sigra | Mulai dari Rp. 175 Ribu |
2 | Piston Caliper Isuzu Panther P-166 Akebono | Mulai dari Rp. 130 Ribu |
3 | Piston kaliper Toyota AYLA depan 47731-BZ030 | Mulai dari Rp. 80 Ribu |
4 | Alat Press Kaliper Piston Rem Cakram Mobil metal | Mulai dari Rp. 120 Ribu |
5 | Piston rem caliper s89 zebra | Mulai dari Rp. 65 Ribu |
6 | Piston Caliper Assy/Piston Rem Cakram Mitsubishi Triton/L200 K64T | Mulai dari Rp. 75 Ribu |
7 | PISTON REM DEPAN HONDA FREED MOBILIO BRV CRZ | Mulai dari Rp. 80 Ribu |
8 | Piston Caliper Rem Roda Depan Honda Mobilio, BRV, Freed | Mulai dari Rp. 200 Ribu |
9 | Piston caliper piston rem cakram Inova reborn | Mulai dari Rp. 80 Ribu |
10 | Piston Rem Roda Depan Honda Jazz, Brio, City, Genio, Grand | Mulai dari Rp. 140 Ribu |
Penting untuk diingat bahwa piston rem mobil adalah komponen penting dalam kendaraan yang berpengaruh pada keselamatan saat berkendara.
Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi piston rem secara rutin agar tidak mengalami masalah seperti macet atau blong.
Penyebab utama yang perlu dihindari agar piston rem tetap berfungsi optimal antara lain adalah penumpukan kotoran, penyetelan yang terlalu rapat, penggunaan mobil yang jarang, dan karat pada komponen tersebut.
FAQ
1. Kenapa piston rem macet?
Piston rem bisa macet karena beberapa faktor, dengan yang paling umum adalah penumpukan kotoran seperti debu dan residu, serta pembentukan karat pada komponen.
Oleh karena itu, membersihkan piston rem secara rutin sangat penting untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.
2. Kapan harus ganti kampas rem mobil?
Kampas rem mobil sebaiknya diganti setelah kendaraan mencapai jarak tempuh sekitar 60-70 ribu km untuk mobil dengan transmisi manual, atau 35-40 ribu km untuk mobil dengan transmisi matic atau otomatis.
Sebagai penutup, memahami penyebab piston rem mobil macet dan melakukan perawatan secara rutin dapat memastikan sistem pengereman mobil tetap optimal dan aman saat digunakan.